Followers

Wednesday, September 17, 2008

Mawlana di atas Mimbar.

Pada acara Salat Jumat ini, Mawlana Syekh Hisyam QS bertindak sebagai Imam dan Khatib. Beliau menyampaikan khotbah tentang Kecintaan Allah terhadap hamba-hamba-Nya. Pada awal khotbah, Mawlana juga sempat menyinggung soal keistimewaan bulan Rajab, Syakban dan Ramadan dengan mengutip hadis suci, "Rajabun Syahrullah, wa Sya'banu Syahri wa Ramadhana Syahru ummati." "Rajab adalah Bulan Allah SWT, Syakban Bulanku, dan Ramadan Bulan Umatku."

Mawlana mengatakan, "Bila Allah SWT mencintai seseorang, maka Dia akan memuliakan orang itu, meninggikan derajatnya dan mengundangnya ke Hadirat-Nya." Allah SWT mencintai Nabi Muhammad SAW, dan Allah SWT mengundang beliau ke Hadirat-Nya dalam peristiwa Isra' Mi'raj. Bila Allah SWT mencintai seseorang, Dia akan memberi orang itu sesuatu yang tidak pernah dibayangkan oleh semua orang. Dia akan menjadi "Mata" yang digunakan orang itu untuk melihat, Allah SWT akan menjadi "Telinga" yang digunakannya untuk mendengar. Allah SWT akan mencintai seorang hamba bila ia menjalankan gaya hidup Nabi SAW, menegakkan sunahnya dan mengerjakan ibadah nawafil (tambahan).

Jika Allah SWT mencintai hamba-Nya, Dia akan memberikan kekuatan untuk melawan musuh-musuhnya. Allah SWT mencintai Islam dan dengan demikian tak ada seorang pun yang dapat menghancurkan Islam karena Allah SWT akan mempertahankannya.

Mawlana menganjurkan agar kita mencintai Allah SWT, agar Allah SWT mencintai kita. Jika kita sungguh mencintai Allah SWT, maka kita harus mengikuti Nabi SAW. Allah SWT akan memberikan kemuliaan. Jangan takut kepada siapa pun, tetapi takutlah kepada Allah SWT. Miliki taqwa, miliki kesalehan, ketulusan terhadap Allah SWT. Bergaullah dengan orang-orang yang baik, jangan bergaul dengan orang-orang yang buruk perangainya. Bergaullah dengan orang-orang yang saleh, para ulama, para thayyibiin, para awliya Allah. Jangan bergaul dengan orang-orang munafik dan fasik, yang banyak melakukan kerusakan.

Bersamalah dengan Sayyidina Muhammad SAW, jangan bersama setan. Lihatlah bagaimana Sayyidina Ali RA, KW berkata, "Akulah yang pertama dan aku datang dalam Hadirat Ilahi untuk menentang semua orang yang menentang Nabi SAW." Begitu banyak ayat-ayat dalam Al-Qur'an (lebih dari 300 ayat) yang menyebutkan keutamaan Sayyidina Ali RA, KW. Kita tidak bisa menjadi Sahabat Nabi SAW, tetapi kita adalah orang-orang yang mencintai Nabi SAW, kita adalah ahbabul Nabi SAW.

Allah SWT menciptakan dunia ini begitu kecil, tak lebih dari sebutir nasi. Dunia ini tak ada artinya. Mawlana lalu menutup khotbahnya dengan himbauan agar Umat Islam bersatu dan tidak tercerai-berai dan tetap berpegang pada Tali Allah SWT.

No comments: